SEKILAS INFO
: - Jumat, 22-01-2021
  • 12 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
All About Pre-University dan Manfaatnya: Tiket Untuk Raih Sarjana?

Hai Campuspedia-friends!—Kalau kamu punya seorang teman yang berkuliah di luar negeri, atau kamu punya cita-cita untuk berkuliah di luar negeri, kamu harusnya sudah terbiasa dengan istilah Pre-University C-friends!

Di beberapa negara di luar Indonesia, seperti negara yang paling dekat dengan kita, Malaysia, punya program pre-university yang perlu dilewati ketika ingin melanjutkan studi jenjang sarjana (S1) atau magister (S2). Dan, program pre-university ini juga kerap jadi kualifikasi ketika kamu akan mendaftar di berbagai universitas atau perguruan tinggi di seluruh dunia.

Kalau lihat dari penjelasan singkat diatas, sepertinya penting banget ya program pre-university ini? Nah, kalau kamu penasaran tentang pre-university ini dan apa manfaatnya, yuk kita bahas!

Baca juga: Jangan Minder Dulu! Ini 7 Kelebihan Fresh Graduate Dimata Perusahaan

Apa Itu Pre-University?

Credits: EduAdvisor

Pre-university adalah suatu program yang harus ditempuh terlebih dahulu sebelum melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Dengan lama program 1 sampai 2 tahun, program ini diharapkan akan menjadikan calon mahasiswa lebih matang dan siap lanjut ke dunia perkuliahan.

Dalam pre-university ini akan membantu kamu untuk mempelajari bagaimana presentasi yang benar dengan task based learning yang juga akan mengembangkan critical thinking mereka, mengembangkan kemandirian, dan keterampilan lainnya.

Program ini juga untuk mengasah kemampuan bahasa inggris kamu mulai dari Reading Academic Texts, Listening to Lectures, Writing Essay, dan Speaking Academic Context yang akan dilakukan dengan kegiatan seru seperti membuat essay, diskusi, menulis report, dan memaparkan hasil riset.

Dari pengajar yang berpengalaman, kamu juga akan dibantu untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan akademik seperti cara berkomunikasi dengan dosen maupun profesor, memilih credits satu semester, serta manajemen waktu untuk menempuh pendidikan di universitas.

Contoh program pre-university yang sangat populer adalah Cambridge A Level dan Australia Marticulation (AUSMAT), yang sudah diakui secara luas di seluruh dunia C-friends! Tinggal lihat deh detail spesifikasi dari universitas impianmu menerima program pre-university yang mana.

Siapa Aja yang Perlu Ikut Pre-University?

  • Siswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang Diploma atau Sarjana (S1)
  • Mahasiswa S1 yang akan melanjutkan studi ke jenjang Magister atau Pascasarjana (S2)
  • Siswa yang sudah menyelesaikan TOEFL atau IELTS sebagai persyaratan masuk univesitas dan mendaftar sebagai calon siswa atau mahasiswa internasional.

Manfaat Ikut Pre-University Apa Aja?

  1. Sebagai syarat kualifikasi untuk melanjutkan studi ke universitas atau perguruan tinggi di berbagai negara di seluruh dunia.
  2. Lebih persiapan sebelum benar-benar masuk perkuliahan yang sesungguhnya dengan mengenalkan atmosfer perkuliahan di universitas sejak dini.
  3. Dapat diadaptasikan ke semua jurusan, karena memang fokusnya adalah kebutuhan siswanya.
  4. Sebagai bekal kemampuan menulis, tata bahasa khususnya dalam penulisan essay, makalah, jurnall akademik, abstrak penelitian, thesis, dan disertasi yang berkaitan dengan riset.
  5. Analisis penggunaan tata bahasa yang sesuai, supaya terhindar dari plagiarisme.
  6. Sebagai wadah eksplorasi keterampilan berbicara atau speaking, seperti berbicara saat presentasi, diskusi kelompok, seminar, dan workshop.
  7. Sebagai wadah mengembangkan critical thinking, seperti mengkritii bacaan akademis, jurnal, dan hasil penelitian.
  8. Sebagai wadah untuk mengasah kemampuan kamu dalam mengikuti proses pembelajaran dan penjelasan dari dosen maupun profesor. Melalui contoh perkuliahan, seminar, matrikulasi, dan paper discussion dalam bentuk audio visual.

Baca juga: Pilihan Jurusan Kuliah Berbeda dengan Orang Tua? Coba Yakinkan dengan 6 Tips Ini

Nah, itu dia informasi mengenai Pre-University dan 8 Manfaatnya C-friends! Gimana? Tertarik untuk mendaftar program Pre-University tersebut?

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post All About Pre-University dan Manfaatnya: Tiket Untuk Raih Sarjana? appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR