SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
9 Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Jago Public Speaking

Halo Sobat Campuspedia! Kamu hobi berbicara dan punya bakat public speaking? Ingin mengembangkan kemampuan public speaking kamu? Bisa banget sobat! Banyak loh jurusan kuliah yang bisa membantumu mengembangkan bakatmu itu. Berikut ini rekomendasi dari Minca terkait jurusan-jurusan kuliah yang cocok untuk kamu yang jago public speaking.

Baca juga: 6 Alasan Kenapa Kamu Wajib Jago Public Speaking

  1. Jurusan Ilmu Komunikasi

Ingin semakin mahir dalam hal public speaking? Bisa banget kamu masuk ke jurusan ilmu komunikasi. Sesuai dengan nama jurusannya, kamu akan belajar tentang ilmu komunikasi. Di sini kamu akan mempelajari seluk-beluk komunikasi, mulai dari komunikasi intrapersonal, interpersonal hingga public speaking. Kamu akan belajar menyampaikan pesan secara baik dan efektif. Tidak hanya itu kamu juga akan belajar strategi perencanaan dan berpikir kritis yang bisa kamu tuangkan dalam tulisan. Ketika kamu lulus dari jurusan ini kamu bisa berkarir menjadi pembawa acara, public relation, penyiar, reporter, dan masih banyak lagi.

  1. Jurusan Bahasa

Merasa tertarik mempelajari bahasa sekaligus suka dunia public speaking? Jurusan bahasa mungkin cocok untuk kamu! Jurusan bahasa ada banyak, ada bahasa Indonesia, bahasa daerah maupun bahasa asing. Berbeda dengan jurusan sastra yang cenderung mempelajari sisi literatur sastra, di jurusan bahasa ini kamu akan belajar tentang ilmu berbicara yang fokus dengan bahasa yang sedang dipelajari. Prospek kerja jurusan bahasa cukup beragam, misalnya kamu bisa menjadi interpreter, pengajar, atau jurnalis.

  1. Jurusan Jurnalistik

Familiar dengan public figure Najwa Shihab? Kamu juga bisa menyalurkan bakat public speaking dengan memilih jurusan jurnalistik. Melalui jurusan jurnalisitik ini kamu akan belajar serta praktik langsung dalam menggali informasi dari narasumber. Kamu juga akan terbiasa dengan melaporkan berbagai inforamasi, yang tentunya kemampuan berkomunikasi kamu akan semakin terasah. Profesi lulusan jurnalistik ini banyak ditemukan menjadi jurnalis, wartawan media cetak, wartawan online, maupun tim pencari berita. Gimana menarik bukan?

  1. Jurusan Ilmu Politik

Hmm kamu Ingin memiliki wawasan yang luas dan memiliki kemampuan bicara yang baik? Wah bisa banget kamu masuk ke jurusan ilmu politik. Lewat jurusan ini kamu akan sering mengasah kemampuanmu dengan sering mengajukan pendapat dan berpidato secara terstruktur. Selain itu kamu juga bisa memperdebatkan berbagai pandangan dan mengkomunikasikan pemikiran-pemikiran kamu. Prospek kerja jurusan ini diantaranya menjadi politisi, bekerja di bidang pemerintahan, moderator, organisasi kemasyarakatan, terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik.

Baca juga: Jurusan Tanpa Mata Kuliah Matematika untuk Kamu yang Bosan Ketemu Angka

  1. Jurusan Hubungan Internasional

Kamu suka presentasi di hadapan teman-temanmu? Sekaligus tertarik menjaga hubungan dengan pihak internasional? Hubungan Internasional mungkin jurusan yang pas buat kamu. Di jurusan ini kemampuan public speaking kamu bisa semakin terasah, terutama lewat kelas diplomasi, negosiasi dan resolusi. Prospek kerja jurusan hubungan internasional ini juga cukup cerah, kamu bisa menjadi diplomat, duta besar, maupun bekerja di organisasi internasional.

  1. Jurusan Hukum

Belajar ilmu hukum sambil mengembangkan kemampuan public speaking? Kenapa tidak? Di jurusan ilmu hukum kemampuan public speaking sangat penting, kamu akan banyak mengemukakan argument, mempelajari cara menjadi perwakilan klien serta menyosialisasikan kepada pihak-pihak terkait. Selain itu kamu juga bisa menjadi pengacara, jaksa, maupun bekerja di lembaga pemerintahan.

  1. Jurusan Psikologi

Punya kemampuan public speaking dan suka mendengarkan orang lain? Mungkin saatnya kamu mempertimbangkan jurusan psikologi. Di jurusan ini, kamu akan belajar psikologi komunikasi, dan bagaimana menciptakan suasana komunikasi yang nyaman dengan klien. Selain itu, ada juga konsentrasi psikologi industri dan organisasi, di sini kamu juga akan banyak belajar bagaimana berhubungan dengan banyak staf, memberi pelatihan dll. Prospek kerja jurusan psikologi juga sangat luas di antaranya menjadi psikolog, trainer, konselor, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Jurusan Bioteknologi Ternyata Punya Prospek Kerja yang Cerah dan Menjanjikan

  1. Jurusan Kesehatan Masyarakat

Kamu punya kemampuan public speaking dan ingin terjun di dunia kesehatan? Bisa banget kamu memilih jurusan kesehatan masyarakat. Di sini kamu akan membantu memecahkan masalah yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Kamu akan terjun langsung ke masyarakat dan melakukan kampanye-kampanye kesehatan maupun kegiatan penyuluhan.

  1. Jurusan Pariwisata

Suka jalan-jalan, tertarik di dunia pariwisata sekaligus ingin mengasah kemampuan public speaking? Jurusan pariwisata mungkin jurusan yang tepat untuk kamu. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang pariwisata dan bagaimana memberikan informasi yang jelas kepada para turis, kamu juga akan belajar bagaimana menciptakan situasi nyaman dan ramah.

Nah itu dia 9 pilihan jurusan kuliah yang membutuhkan skill komunikasi dan kemampuan public speaking. Kira-kira kamu tertarik yang nomor berapa nih?

Semoga apapun jurusan yang kamu pilih bisa membawamu ke masa depan yang cerah ya! Jangan lupa persiapkan baik-baik ketika memilih jurusan kuliah dan terus semangat!

Semoga artikel ini bermanfaat! Jangan lupa terus ikuti InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE biar kamu nggak ketinggalan info-info menarik lainnya!

The post 9 Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Kamu yang Jago Public Speaking appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR