SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
7 Tips Sukses Presentasi Virtual di Masa #DiRumahAja

Di masa pandemi seperti sekarang, presentasi virtual sudah menjadi tuntutan. Tidak peduli kita suka atau tidak, ketika mendapat tugas tersebut kamu tetap harus mengerjakanna dengan baik. 

Meskipun untuk menyiapkan materi dan menetapkan tujuan masih sama, tetapi dalam praktiknya terdapat perbedaan. Untuk bisa sukses presentasi virtual, yuk perhatikan tips berikut ini. 

1. Perhatikan Teknis Presentasi Virtual 

Salah satu cara terbaik untuk merasa lebih aman dan percaya diri dalam presentasi adalah mengatur diri agar terlihat dan terdengar baik, baik di depan kamera atau di luar. Terdapat empat hal penting yang mesti kamu pertimbangkan yaitu sebagai berikut. 

  • Perhatikan ruangan atau lingkungan sekitarmu. Untuk sukses presentasi virtual kamu wajib mengatur ruangan yang akan kamu gunakan untuk melakukan presentasi. Pastikan ruangan tersebut memiliki pencahayaan yang baik sehingga menghasilkan visualisasi yang menarik dan dinamis. 
  • Perhatikan koneksi online. Ketika akan presentasi pastikan kamu memiliki koneksi internet yang memadai. Baik menggunakan WiFi maupun jaringan data selular, pastikan koneksi kamu lancar. Luangkan waktu sebentar untuk menguji kecepatan jaringanmu. 
  • Menggunakan audio yang tepat ketika presentasi virtual. Nah audio juga sangat penting untuk membantu kesuksesan dalam presentasi online. Nah dalam hal ini mikrofon apa yang kamu gunakan? Untuk menghasilkan audio maksimal gunakan mikrofon yang tepat ya, misalnya headset. 
  • Gunakan kamera yang memadai. Sebagian besar orang pasti memilih menggunakan kamera dari laptop. Namun jika kamera tersebut berkualitas kurang baik, kamu bisa berinvestasi untuk membeli webcam eksternal yang lebih berkualitas. 

Baca juga: Jenuh Kuliah Online? Yuk, Coba 5 Hal Ini Agar Kuliah Daring Lebih Efektif!

2. Siapkan Slide Presentasi yang Menarik 

Ketika presentasi online, tampilan visual presentasi begitu dilihat. Untuk itu sudah semestinya kamu menyiapkan slide presentasi yang menarik. Misalnya dengan menambahkan gambar atau video pada materi yang akan kamu sampaikan. 

Hindarilah menyajikan teks pada keseluruhan materi karena akan terlihat sangat membosankan. Isilah power point kamu hanya dengan mencantumkan point penting saja. 

3. Gunakan Bahasa Tubuh yang Efektif dan Perhatikan Nada Bicara 

Kontak mata, gerakan dan ekspresi wajah yang efektif dapat membuat kamu terlihat percaya diri dan santai. Selain iut, penerapan bahasa tubuh mengarah pada presentasi yang lebih menarik.  

Saat presentasi virtual di depan kamera, gerakan dan ekspresi wajah menjadi lebih penting. Sama halnya presentasi langsung, kamu harus memperhatikan nada bicara seperti seberapa lembut, keras, tinggi, rendah, lambat atau cepat Anda dapat menyesuaikan mood presentasi. 

Nah kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang lebih ekspresif agar audiens betah mendengarkan presentasimu hingga akhir. 

Baca juga: Bosan Belajar? Coba Cara Menarik Mengatasi Bosan Belajar Berikut Ini!

4. Libatkan Audiens Selama Presentasi 

Di tengah presentasi, kamu bisa melempar pertanyaan ke audiens. Hal ini tentunya untuk memicu interaksi dengan audiens. Misalnya kamu bisa memberikan pertanyaan, game, atau survei kepada audiens. 

Nah hal ini juga membuat audiens bisa fokus kembali pada apa yang kamu sampaikan. Dengan begitu, materi presentasimu akan diterima dengan baik. 

5. Pahami Penggunaan Platform Presentasi 

Hal yang tidak kalah penting adalah kamu harus memahami platform presentasi mana yang akan kamu pakai? Misalnya ketika menggunakan zoom meeting, apakah kamu sudah tahu caranya presentasi di sana? Atau ketika menggunakan google meet, bagaimana untuk bisa menampilkan slide presentasi? 

Belum lagi jika kamu menggunakan platform lain. Pastikan kamu telah menguasai teknis presentasi pada platform terkait ya. Hal ini bertujuan agar presentasi kamu lancar. Sebisa mungkin menghindari kendala dari dirimu agar audiens tetap nyaman menyimak presentasi virtual kamu. 

Baca juga: Sering Menunda-nunda Tugas? Berikut 9 Cara Jitu agar Tugas Cepat Kelar 

6. Mute Suara Audiens Saat Presentasi Online

Untuk menghindarkan kebisingan selama presentasi, pastikan suara audiens sudah mute. Dengan begitu tidak ada lagi suara-suara yang mengganggu kamu ketika menyampaikan materi. Jika kamu tidak bisa, minta tolonglah pada host untuk membantu mute peserta. 

7. Terus Berlatih agar Sukses Presentasi Virtual

Practise make prefect. Segala sesuatu yang sukses dibangun berdasarkan latian. Latihlah dirimu terlebih dahulu sebelum kamu melakukan presentasi online. Kira-kira apa saja yang kurang dan mesti segera diperbaiki. 

Teruslah berlatih hingga kamu lanca dan penampilanmu terbaik. 

Jangan lupa kunjungi campuspedia melalui instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn. Jangan sampai ketinggalan info menarik lainnya! 

The post 7 Tips Sukses Presentasi Virtual di Masa #DiRumahAja appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR