SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
7 Tips Anti Rebahan Selama WFH 

7 Tips Anti Rebahan Selama WFH – Work from home dan study from home membuat gaya orang-orang menjadi sering rebahan. Meskipun kita memiliki aktivitas rutin, tetapi rebahan sudah hampir menjadi kebiasaan sehari-hari.  

Pada dasarnya jika rebahan hanya untuk istirahat, hal ini tidak akan menghambat produktivitas kamu. Namun berbeda halnya jika rebahan sepanjang hari hingga kamu menjadi malas gerak (mager) melakukan apa-apa. 

Alhasil banyak tugas tertunda dan banyak pekerjaan terbengkalai. Konsekuensinya adalah kamu akhirnya harus begadang karena mengejar deadline tugas dan pekerjaan. Karena hal inilah banyak orang yang memiliki resolusi anti rebahan di tahun 2021. 

Akan tetapi meninggalkan kebiasaan yang sudah cukup lama memang sulit. Eits tapi tenang, semua dapat diatasi kok. Berikut ini tips anti rebahan selama WFH. 

1. Tidur tepat waktu dan bangun pagi seperti biasa 

Satu hal penting yang mempengaruhi produktivitasmu adalah waktu tidur. Tidur sebagai upaya untuk mengistirahatkan tubuh berperan sangat penting dalam mempengaruhi kinerja harianmu. 

Untuk itu, tips anti rebahan yang pertama adalah dengan tidur tepat waktu dan bangun pagi seperti biasa. Dengan tidur tepat waktu kamu akan mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas rutin.  

Jangan pernah menjadikan alasan WFH untuk begadang. Percayalah kamu akan lebih berat melawan rasa kantuk ketika di rumah dibandingkan dengan saat di kantor atau sekolah. Oleh karena itu, pastikan kamu tetap bangun pagi ya! 

Bangun pagi membuat otak lebih segar. Biasanya di pagi hari kamu akan memiliki ide-ide baru yang fresh. Selain itu, dengan menerapkan bangun pagi, kamu pun memiliki waktu lebih banyak untuk menyusun jadwal harian. 

2. Pilih lokasi yang nyaman 

Pemilihan lokasi bekerja selama di rumah dapat berpengaruh pada produktivitas selama bekerja. Agar tetap dapat bekerja dalam waktu yang lama, pilihlah tempat yang membuatmu paling nyaman. Pastikan di tempat tersebut kamu bisa fokus selama bekerja. 

Oh ya, hindari untuk bekerja di tempat tidur. Sebab, banyak gangguan muncul ketika kamu berada di tempat tidur, seperti menjadi malas-malasan. Jelas bukannya malah anti rebahan, justru kamu menjadi enggan bekerja. 

Baca juga: Cara Mengatasi Bosan Belajar/Bekerja

3. Menyiapkan barang-barang yang dibutuhkan 

Sebelum bekerja, pastikan kamu menyiapkan barang-barang yang kamu butuhkan. Misalnya laptop, ponsel, charger, air minum, camilah, atau barang lain yang mendukung kamu untuk berlama-lama di tempat kerja. 

Tujuannya agar kamu tidak perlu bolak-balik mencari barang tersebut. Sebab waktu untuk bolak-balik tentu akan menyita waktu bekerjamu. Dengan menyiapkan barang-barang, kamu bisa langsung fokus bekerja dan terhindar dari gangguan internal tersebut. 

4. Menyiapkan waktu beristirahat 

Loh tips anti rebahan kok malah diminta untuk menyiapkan waktu beristirahat? Kalau begitu artinya malah tidak semakin produktif dong? Lalu harus bagaimana? 

Sebentar, waktu beristirahat juga dipersiapkan. Tahukah kamu kalau mengambil jeda 10-20 menit di sela-sela waktu bekerja akan membantu meningkatkan produktivitas pada jam-jam berikutnya? 

Nah menyiapkan waktu istirahat maksudnya seperti itu. Otak kamu tidak bisa dipaksa untuk terus-terusan bekerja. Berilah jeda 10-20 menit setiap sesi kerja kamu. Kegiatan selama masa istirahat singkat itu kamu bisa menghirup udara segar, memakan camilan, atau melakukan peregangan kecil. 

Tunggu dulu, jangan mengambil waktu istirahat terlalu lama ya guys, nanti bisa kebablasan lho! Milikilah kontrol diri yang baik agar istirahat kamu bisa tepat waktu untuk selanjutnya bekerja kembali. 

Baca juga: Lagi Liburan dan Gabut? Ini Dia Kegiatan yang Bisa Bikin Kamu Produktif

5. Hindari gangguan notifikasi 

Mau mulai bekerja tetapi masih suka menunda-nunda gara-gara sosial media? Sudah begitu malah sambil rebahan sehingga larut dalam suasanya zona nyaman. Nah untuk bisa anti rebahan, hindarilah gangguan notifikasi ketika kamu bekerja. 

Bekerja dengan fokus tanpa notifikasi ponsel membuat pikiranmu hanya tertuju pada pekerjaan. Selain itu, kamu pun cenderung dapat menyelesaikan kerja tepat waktu karena memiliki fokus yang baik. 

6. Membuat jadwal bekerja 

Tips anti rebahan selanjutnya adalah membuat jadwal bekerja. Pernahkah kamu mendengar bahwa gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan? Nah hal ini berarti rencana merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan kita. 

Selama WFH, membuat rencana harian sangat membantu mengatur jadwal kerja kamu. Dengan begitu, tidak ada pekerjaan yang terlupakan. Selain itu, melalui rencana harian kamu pun bisa mengatur skala prioritas untuk menentukan pekerjaan mana yang akan diselesaikan dahulu, misalnya memiliki kerja yang deadlinenya hampir tiba. 

Baca juga: Tips Membuat Rencana Harian 

7. Berikan reward setelah bekerja 

Selain rencana, reward juga tidak kalah penting. Ketika telah berhasil menyelesaikan tugas dengan baik dan sesuai rencana, berikanlah reward kepada dirimu. Reward tersebut merupakan bentuk penghargaan kepada diri sendiri. 

Dengan self reward kamu akan terpicu untuk bekerja lebih baik lagi. Self reward ini semacam upaya untuk menghibur diri. Misalnya setelah berhasil menyelesaikan tugas, kamu bisa membeli es krim, menonton film, main game, dan sebagainya. 

Nah itulah tips anti rebahan selama WFH. Ingat komitmen kamu sangat berpengaruh terhadap tujuan yang ingin kamu capai. Jika kamu tidak berkomitmen sama sekali, tips apa pun tidak akan mempan untuk mengubah dirimu. 

Semoga tips tersebut bisa membantu kamu untuk lebih produktif ya! 

Kunjungi campuspedia melalui instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn. Jangan sampai ketinggalan info menarik lainnya! 

 

The post 7 Tips Anti Rebahan Selama WFH  appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR