SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
7 Poin Penting Tips Mengejar Mimpi Ala Jerome Polin

Hai Campuspedia-friends!—Siapa nih disini yang penggemarnya Jerome Polin? Seorang youtuber muda dari channel Mantappu Jiwa, yang kisahnya menjadi penerima beasiswa di Waseda University jurusan Matematika di Jepang.

Nah, kalau kamu mengikuti kisah Jerome Polin, pasti tahu deh bagaimana gambaran besar perjuangan Jerome Polin untuk mengejar mimpi, salah satunya berkuliah di luar negeri. Jerome berasal dari keluarga yang kurang mampu karena terkena dampak krisis moneter, namun hal itu tak pernah menyurutkannya untuk tetap mengejar mimpinya bahkan kini menjadi salah seorang youtuber paling terkenal di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Jerome juga berhasil menerbitkan buku Mantappu Jiwa mengenai kisah perjalanan dan perjuangnnya, dan langsung habis terjual 2000 eksemplar saat pertama kali launching! Wah, keren banget ya C-friends?

Lewat tagline bukunya, Jerome menuliskan bahwa buku tersebut bukan hanya berisi keberhsilan dan teori matematika. Namun, dalam buku itu juga menceritakan bagaimana momen kegagalan, kegelisahan, maupun keraguan yang manusiawi.

Dan dalam buku itu juga, kita bisa belajar beberapa poin penting tips mengejar mimpi ala Jerome Polin. Apa saja? Yuk kita bahas!

7 Poin Penting Tips Mengejar Mimpi Ala Jerome Polin

  1. Tahu Apa yang Diinginkan Sejak Awal

Menurut Jerome, impian awalnya sebenarnya sangat sederhana, yaitu ingin ke Disney Land seperti teman-temannya. Karena dulu sewaktu Jerome kecil diberi bantuan bersekolah di sekolah elit yang mana teman-temannya adalah anak-anak orang mampu.

Selain itu, Jerome kecil juga sangat tertarik dengan Matematika, dan ia tahu itulah yang ia inginkan. Akhirnya, Jerome mengambil salah satu cara untuk meraihnya dengan mengikuti berbagai Olimpiade Matematika sewaktu sekolah.

Dari sini, bisa ditarik kesimpulan bahwa tahu dan paham apa yang diinginkan sejak awal itu penting C-friends! Supaya kita juga tahu cara ataupun usaha seperti apa yang harus kita lakukan untuk meraih itu.

Baca juga: Sering Cemas di Hari Senin? Ini 6 Tips Mengatasi Monday Blues Syndrome!

  1. Segera Ambil Langkah Pertama

Di beberapa kesempatan, pernahkah kamu punya suatu keinginan, namun tidak pernah “mengambil langkah” untuk meraihnya?

Melanjutkan dari kisah Jerome, dia sudah tahu apa yang diinginkan, dia pun tahu cara dan usaha seperti apa yang harus dilakukan. Dan, meskipun ia tahu bahwa ia sedikit terlambat karena baru mulai mengikuti Olimpiade sewaktu SMA, namun ia tetap “melangkah”.

Nah, jadi setelah tahu apa yang diinginkan dan bahkan sudah ada rencana-rencana besar untuk mewujudkannya, kamu hanya perlu satu langkah nyata untuk mengawali semuanya, C-friends! Jangan terlalu berkutat dengan pikiran dan ketakutan apakah kamu benar-benar bisa melakukannya.

  1. Tidak Ada Kesuksesan yang Jatuh Dari Langit

Selalu ada hal yang harus dikorbankan demi meraih keinginan maupun kesuksesan. Karena memamng tidak ada satupun kesuksesan yang jatuh dari langit dan secara cuma-cuma, semua butuh perjuangan.

Tahu kalau dirinya sedikit tertinggal dari peserta Olimpiade yang lain, yang rata-rata sudah belajar untuk olimpiade sejak SD (Sekolah Dasar), Jerome benar-benar mendedikasikan waktunya untuk belajar.

Untuk itu, dia mengorbankan waktunya yang lain untuk bersenang-senang, bermain, atau waktu santainya demi bisa belajar dan mengejar semua pelajaran. Bahkan ia bertekad untuk mempelajarai semua pelajaran SMA dalam 1 tahun saja ketika dia masih kelas satu SMA.

  1. Jadikan Kegagalan Sebagai Pendorong

Dalam perjalanannya, Jerome tidka serta merta langsung berhasil menjadi juara dari Olimpiade yang ia ikuti. Berkali-kali ia gagal dan belum bisa menjadi juara, namun hal tersebut tidak menjadi alasannya untuk putus asa.

Sama halnya dengan ketika ia mendaftar beasiswa kuliah di luar negeri, banyak pesaingnya yang sudah mahasiswa dan dianggap lebih banyak pengalaman. Sedangkan waktu itu Jerome masih lulusan SMA, namun hal tersebut dijadikan pendorong baginya untuk terus berusaha dan melakukan yang terbaik.

Maka dari itu, kesalahan, kegagalan, maupun ketertinggalan itu jangan pernah jadi alasan kamu untuk mundur dan putus asa ya C-friends! Jadikan itu sebagai pendorong dan motivasi untuk semakin giat mengejar mimpi kamu.

  1. Yang Terlihat Tidak Mungkin, Belum Tentu Mustahil

Apakah semua perjuangan Jerome selesai ketika ia berhasil menerima besasiswa yang ia lamar? Jawabannya, belum!

Perjuangan lain yang harus ditempuh Jerome setelah menerima beasiswa itu adalah tes bahasa Jepang, yang konon katanya sangat susah untuk “ditembus”. Apalagi, Jerome belum ada pengalaman tes-tes bahasa Jepang sebelumnya.

Kalau dilihat sekilas, mungkin akan terasa mustahil banget ya C-friends? Tapi, nyatanya yang terlihat tidak mungkin itu belum tentu mustahil. Buktinya dengan usaha dan belajar “mati-mati-an”, yang terlihat mustahil itu bisa dilewati.

Jadi, jangan pernah mundur dan push yourself to the limit!

  1. Jangan Pernah Silau dengan Keberhasilan Orang Lain

Pernahkah kamu melihat kehidupan atau keberhasilan seseorang yang terlihat keren banget? salah satunya Jerome Polin ini, mulai dari beasiswa luar negeri, Chanel Youtube, bahkan buku laris manis. Keren banget kan?

Tapi, itu hanyalah bagian luarnya saja C-friends! Karena kita tak pernah tahu bagaimana kerasnya usaha mereka dan banyaknya pengorbanan mereka hingga sampai ke titik tersebut. Jadi, jangan pernah silau dengan keberhasilan orang lain, bahkan mencoba membandingkannya dengan dirimu sendiri. Sebab, setiap orang punya “rute”-nya masing-masing.

Nah, kalau kata Jerome nih, keberhasilan yang terlihat di bagian luar itu bagaikan puncak gunung es diatas lautan, sedangkan kegagalan dan segala perjuangan adalah “badan” gunung yang menopangnya berdiri di bawah lautan.

  1. Walau Tak Selalu Sesuai, Percayalah Ada Rencana yang Lebih Sempruna

Terkadang, kita sudah berusaha mati-matian untuk mengejar sesuatu, namun pada akhirnya yang kita temui tidak sesuai dengan keinginan kita atau bahan kegagalan. Namun, percayalah pasti ada rencana yang lebih luar biasa dan sempurna untuk kamu!

Seperti halnya Jerome yang sangat ingin mendapatkan beasiswa di salah satu universitas di Singapura, namun nyatanya ia belum berhasil mendapatkan kategori yang ia inginkan. Padahal, pia sudah belajar mati-matian untuk itu.

Namun, pada akhirnya ternyata masih ada rencana lain yang lebih baik untuknya, bahkan mungkin lebih dari apa yang ia bayangkan dulu. Jerome pun juga dapat mengambil begitu banyak peajaran dan hikmah dari kisah kegagalannya itu.

Karena memang, setiap orang punya definisi berhasil atau suksesnya sendiri-sendiri. Dan seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tiap orang juga punya “rute”-nya masing-masing untuk meraih keberhasilannya.

Baca juga: 10 Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Saat Wawancara Beasiswa

Nah, itulah 7 Poin Penting Tips Mengejar Mimpi Ala Jerome Polin, C-friends! Gimana? Adakah dari ketujuh tips diatas yang membuat kamu semangat mengejar mimpi kamu?

Semangat dan jangan pernah menyerah untuk mengejar mimpi kamu ya C-friends!

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post 7 Poin Penting Tips Mengejar Mimpi Ala Jerome Polin appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR