Info Kampus
Minggu, 24 Okt 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

6 Rekomendasi Part Time Mahasiswa, Bisa Sambil Kulon!

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Hai, Campuspedia Friends! Sebagai mahasiswa tentunya kamu mau dong punya penghasilan sendiri? Selain untuk menanggung biaya kebutuhan sehari-hari selama berkuliah, kamu juga bisa membantu perekonomian keluarga dengan tidak meminta uang terus-menerus. Nah, kalau sudah begini melakukan pekerjaan part time bisa jadi solusi jitu. Tapi kan sekarang lagi kuliah online bahkan mulai offline lagi, terus gimana dong kalau sambil part time? Kamu nggak perlu khawatir, karena rekomendasi pekerjaan part time berikut cocok buat kamu mahasiswa yang lagi kulon. Jadi, langsung saja simak ulasannya yuk!

1. Guru Bimbel

pekerjaan part time untuk mahasiswa
photo by julia cameron

Rekomendasi part time mahasiswa yang pertama adalah menjadi guru bimbel online. Sebagai mahasiswa tentunya wawasan dan pengetahuan yang kamu miliki lebih luas dibanding siswa SD, SMP, atau SMA. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk menjadi pengajar mereka dengan bergabung dalam sebuah bimbel. Biasanya, Bimbel akan merekrut mahasiswa semester akhir yang memiliki minimal IPK 3.00. Nah, bagi kamu yang berminat untuk menyalurkan ilmu, part time sebagai guru Bimbel online bisa jadi pilihan yang tepat. Terlebih kamu juga dibayar tiap bulan. Jadi, sambil berbagi ilmu kamu juga mendapat penghasilan yang lumayan, bukan?

2. Content Writer

content writer
photo by vlada karpovich

Part time mahasiswa selanjutnya yang bisa kamu lakukan di rumah sambil kuliah online adalah menjadi content writer SEO. Saat ini banyak sekali perusahaan maupun media yang membutuhkan jasa part time. Upah yang diberikan juga terbilang lumayan, loh. Biasanya tiap artikel akan dihargai sebesar Rp50 ribu sampai Rp150 ribu tergantung pada jumlah words yang diminta. Namun, ada juga loh yang menawarkan menulis artikel borongan dengan gaji tiap bulan. Nah, bagi kamu yang hobi menulis, part time yang satu ini patut untuk dicoba. Apalagi, kamu bisa melakukan pekerjaan ini dari rumah dan kapan saja. Jadi, nggak perlu khawatir kamu tetap bisa kulon sambil kerja part time di rumah.

3. Translator Komik Online

Seiring perkembangan dunia digital, komik pun kini sudah banyak yang disediakan dalam format online lewat website. Nah, kamu bisa memanfaatkannya dengan mendaftarkan diri sebagai penerjemah part time di website tersebut. Apalagi jika kamu punya kemampuan bahasa asing yang baik, jadi translator komik bisa jadi pilihan tepat nih. Untuk info job sebagai translator part time biasanya akan dipasang di website komik online terkait. Jadi, kamu perlu lebih aktif dalam mencari infonya.

4. Asisten Dosen

Kerja part time yang cocok untuk mahasiswa berikutnya adalah menjadi asisten dosen. Apabila kamu sedang berada di semester akhir perkuliahan maka pekerjaan ini bisa jadi pertimbangan. Terlebih saat ini kegiatan perkuliahan sudah mulai dilakukan secara hybrid, tentunya para dosen juga memerlukan seorang asisten agar jalannya kegiatan pembelajaran tetap bisa lancar dengan banyak kesibukan dan jadwal dosen yang padat. Dengan menjadi asisten dosen kamu bisa sambil mengaplikasikan ilmu yang sudah dipelajari sejak zaman maba. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk terlibat dalam penelitian dosen yang bisa menambah list pengalaman di CV dalam bidang akademik.

5. Penyiar Radio

pekerjaan part time mahasiswa
photo by cottonbro

Part time sebagai penyiar radio juga bisa jadi pilihan loh. Bagi kamu yang punya pengalaman siaran dan memang talkative, kamu bisa coba pekerjaan ini. Selain itu, untuk urusan siaran kamu bisa fleksibel dengan mendiskusikan dengan pihak radio. Jadi, kamu nggak perlu bingung jika harus kuliah online sambil part time.

6. Kru Event Organizer

kru event organizer
photo by gamatechnoblog

Seperti yang kita tahu, saat ini PPKM mulai dilonggarkan oleh pemerintah. Kabarnya, juga sudah boleh menggelar acara dan event-event lagi. Nah, kamu bisa coba mencari info lowongan part time di Event Organizer (EO) atau Wedding Organizer (WO) yang ada di kotamu. Biasanya, seorang part time EO akan ditugaskan di bagian tertentu seperti ticket box, konsumsi panitia, dan lainnya. Selain itu, acara yang diselenggarakan biasanya di akhir pekan jadi nggak akan mengganggu waktu kuliah online mu. 

Itulah informasi mengenai rekomendasi parti time mahasiswa yang cocok dilakukan sambil kuliah online. Meskipun berkuliah sambil part time bukan hal mudah karena kamu harus me-manage segalanya dengan baik. Tapi percaya deh kamu pasti akan belajar banyak hal dari situ. Jadi, buat kamu yang ingin mulai part time, bisa pertimbangkan pekerjaan di atas ya Campuspedia Friends. Semangat! 

Baca juga: Freelance Design Grafis? Beberapa Tools Wajib Kamu Miliki

Baca juga: Bukan Sekedar Hobi, Ini Dia 6 Jenis Pekerjaan Freelancer untuk Penulis

The post 6 Rekomendasi Part Time Mahasiswa, Bisa Sambil Kulon! appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar