SEKILAS INFO
: - Jumat, 04-12-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
6 Alasan Kenapa Kamu Wajib Jago Public Speaking

Hai Campuspedia-friends!Public Speaking adalah salah satu kemampuan komunikasi di hadapan banyak orang. Public speaking juga pastinya sudah akrab banget nih di telinga kita kan C-friends? Tapi, kenapa ya kita harus jago public speaking? Apa pentingnya public speaking?

Walaupun public speaking sudah familiar, ternyata public speaking jadi hal yang paling ditakutkan loh menurut survey yang dilakukan oleh The People’s Almanac sebanyak 21% dari 630 orang responden. Bahkan, sudah ada istilah tersendiri untuk orang yang takut terhadap Public speaking, yaitu glossophobia.

Nah, kalau dari definisi yang sudah disebut tadi, pasti terbayang kalau public speaking ini hanya akan dipakai orang-orang penting yang selalu diminta untuk menyampaikan pidato, tapi ternyata salah besar loh C-friends! Karena, manfaat yang kamu dapat ketika kamu menguasai public speaking itu luas banget!

Baca juga: Gak Hanya Jago Ngomong, Ini 5 Hal Penting Tuk Kuasai Public Speaking

Kira-kira alasan apalagi ya yang membuat kamu wajib jago public speaking? Yuk kita bahas lebih lanjut!

  1. Mudah Membangun Relasi

Pasti sudah banyak yang tahu yah betapa banyak tokoh atau orang-orang inspiratif yang menyebut bahwa membangun relasi yang baik itu berguna banget ya kan C-friends?

Nah, kalau kamu menguasi dan jago public speaking, kamu akan jadi lebih mudah nih untuk membangun serta menjalin relasi dengan orang-orang sekitar kamu maupun orang-orang yang baru kamu temui.

Misalnya nih, kamu punya ide untuk mendirikan organisasi atau bisnis pribadimu, pastinya kamu buth seorang partner atau yang paling simpelnya adalah melakukan promosi untuk memasarkan produk kamu. Nah, dengan kemampuan public speaking kamu bisa dengan baik menjelaskan dan memasarkan produkmu karena kamu paham dan dapat menyampaikannya dengan baik.

Kalau misalnya dalam suatu organisasi atau lingkungan sekitarmu, dengan penguasaan public speaking yang baik juga akan membuat kamu lebih percaya diri untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi, bahkan dalam menyampaikan ide-ide kreatif kamu C-friends!

  1. Lancar Presentasi

Kalau saat ini kamu masih kuliah, pastinya hampir semua mata kuliah dan dosen meminta kamu untuk presentasi di depan kelas kan C-friends? Baik itu berkelompok maupun individu.

Nah, bagi yang sudah terbiasa ngomong dan menguasai public speaking, presentasi di depan kelas sepertinya jadi hal yang mudah banget C-friends, apalagi kalau kamu benar-benar memahami apa yang akan kamu sampaikan.

Tapi, seperti glossophobia tadi, masih banyak juga yang gugup saat diminta untuk presentasi, padahal audiens yang dihadapi juga teman-teman yang biasanya mereka temui.

Dan gak hanya di perkuliahan, di dunia kerja pun kamu juga akan dituntut untuk dapat mempresentasikan laporan kinerja kamu atau di beberapa departemen juga diminta untuk mempresentasikan ide maupun data yang dipunya.

Jadi, jago public speaking ini bermanfaat banget baik di perkuliahan maupun dunia kerja.

  1. Membangun Mental Percaya Diri

Ketika kamu sedang mendalami dan berlatih kemampuan public speaking, ternyata tidak hanya kemampuan kamu yang makin terasah, melainkan juga rasa percaya diri kamu loh C-friends!

Karena, ketika kamu sudah terbiasa dan tak lagi gugup untuk berbicara di depan orang-orang, di lain kesempatan kamu juga tidak akan ragu sama sekali untuk menyampaikan opini kamu jika diperlukan.

Lagipula, tujuan dari public speaking juga agar kamu dapat menyampaikan ide bahkan membuat orang-orang sependapat dengan pemikiran kamu, jadi pastinya kamu dituntut untuk percaya diri dalam menyampaikannya. Dengan begitu, rasa percaya dirimu juga ikut berkembang!

  1. Bermanfaat Untuk Interview

Siapa nih yang mau berhadapan dengan tahap interview? Baik itu interview organisasi, volunteer, atau pekerjaan, biasanya tahapan interview adalah tahapan terakhir dan jadi tahapan yang paling banyak ditakuti.

Selain mempersiapkan jawaban-jawaban yang sering muncul dalam interview, tentunya ketika kamu ingin tampil maksimal, amu akan berlatih dengan keras. Harapannya, supaya kamu dapat lancar menjawab pertanyaan dari pewawancara dan dianggap profesional.

Nah, ketika kamu sudah terbiasa berlatih berbicara dengan teman, keluarga, orang banyak, atau dengan dirimu sendiri kamu akan sangat terbantu untuk dapat tenang, percaya diri, dan yakin dengan dirimu sendiri ketika dihadapkan dengan interview.

  1. Mudah Dalam Approaching

Pada poin pertama sempat disinggung soal membangun relasi, nah ini masih ada kaitannya nih dengan poin kelima ini. Yup, lebih mudah untuk approach orang.

Sebelum kamu mau membangun relasi dengan orang, atau lebih simpelnya ingin berkenalan dengan orang baru yang kamu incar, kamu pasti perlu topik pembicaraan apa untuk membuka percakapan kan C-friends?

Tanpa sadar, ketika kamu sudah berhasil membuka pembicaraan, kamu akan berusaha untuk menyusun kalimat yang akan omongin supaya tidak terlihat awkward dan kaku. Bahkan, terkadang juga sampai memperhatikan gestur tubuh untuk lebih mencairkan suasana.

Hal tersebut sama dengan public speaking loh C-friends! Saat kamu public speaking, tentunya kamu sudah tahu dan paham topik apa yang harus kamu bicarakan sekaligus gestur tubuh yang seperti apa yang harus ditunjukkan.

Nah, kalau kamu menguasai public speaking, kamu sudah terbiasa dan akan dengan mudah untuk approach orang-orang yang ingin kamu kenal C-friends!

  1. Mengembangkan Leadership Skill

Menjadi seorang leader merupakan tanggung jawab yang besar, sebab seorang leader harus dapat memibimbing dan memimpin anggota timnya. Dan seperti yang sudah dibahas di artikel 6 Skill Leadership yang Wajib Dikuasai, ada banyak hardskill dan softskill yang dibutuhkan demi dapat menjadi seorang leader yang baik.

Salah satu softskill yang dibutuhkan adalah public speaking. Contohnya, seorang pemimpin di suatu organisasi akan banyak diminta untuk berbicara di dalam forum atau rapat organisasi. Atau, juga dalam menyusun planning organisasi dengan semua anggota.

Nah, supaya anggota kamu paham dan dapat mengerjakan pekerjaan sesuai yang diminta, tentu kamu perlu memberikan informasi serta arahan yang jelas supaya mereka benar-benar paham kan C-friends?

Bahkan, terkadang sebagai seorang leader juga perlu untuk memotivasi para anggotanya demi menguatkan semangat timnya. Maka dari itu, kenapa menguasai public speaking itu dapat juga berpengaruh dalam leadership skill.

Baca juga: Paling Dicari Perusahaan, Ini 6 Skill Leadership Yang Wajib Punya!

Nah itu dia 6 Alasan Kenapa Kamu Wajib Jago Public speaking C-friends! Gimana? Sudah kepikiran mau belajar dan mendalami public speaking dari sekarang?

Yuk, biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, jangan lupa kepoin sosial media Campuspedia ya!

Instagram: @campuspedia

Youtube: Campuspedia

Twitter: @campuspedia_id

OA Line: @dbh9820y

Facebook: Campuspedia

LinkedIn: Campuspedia

The post 6 Alasan Kenapa Kamu Wajib Jago Public Speaking appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR