SEKILAS INFO
: - Kamis, 15-04-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
5 Tips Jawab Pertanyaan Jebakan dari HRD Saat Interview Kerja, Jangan Takut!

Hallo Campuspedia Friends! Gak dimungkiri kalau tahap interview merupakan tahap yang paling ditakuti. Ini karena kamu akan berbicara dan berhadapan langsung dengan HRD atau User yang mewawancarai kamu. Biasanya yang bikin khawatir adalah ketika kamu gak bisa menjawab pertanyaan interview kerja dari HRD.

Di interview ini, para HRD atau User akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk mengenal kamu lebih dalam dan menilai apakah kamu cocok gabung perusahaan mereka. Jawaban yang gak memuaskan tentunya sangat sedikit peluang untuk lolos bukan? Makanya kamu jangan sampai terjebak deh sama pertanyaan HRD berikut ini!

Baca juga : Kenali 8 Hal Kecil yang Berdampak Besar Berikut untuk Menunjang Kariermu!

1. “Jika kamu tidak diterima di perusahaan ini, apa rencana kamu selanjutnya?”

Dari pertanyaan ini, HRD bisa melihat nih apakah kamu tipe orang yang memikirkan sesuatu secara jangka panjang atau jangka pendek. Kamu bisa menjawab hal-hal positif seperti akan mengikuti kegiatan yang menambah skill atau kegiatan pekerjaan lainnya. Kalau kamu emang benar-benar pengen kerja di perusahaan tersebut, kamu bisa bilang kalau kamu akan terus meningkatkan skill dan mencoba melamar ke perusahaan tersebut.

2. “Jika kami memberikan kamu modal untuk membangun bisnis, bisnis apa yang akan kamu jalankan?”

Pertanyaan unik tapi bisa menggambarkan kepribadian kamu lho. Dengan pertanyaan ini HRD jadi tahu bagaimana cara kamu memanfaatkan peluang yang ada di depan kamu. Disini juga bisa diketahui passion terbesarmu dan seberapa besar kreatifitas kamu dalam membangun bisnis dari peluang modal yang sudah dikasih.

3. “Apa yang kamu akan lakukan terlebih dahulu?”

Pertanyaan tersebut akan ada 4 pilihan dan kamu harus mengurutkannya

  1. Bayi menangis
  2. Telepon berbunyi
  3. Orang mengetuk pintu
  4. Air mendidih

Disini akan diperlihatkan bagaimana kamu memprioritaskan suatu kejadian atau permasalahan yang sedang kamu alami. Tips dari Minca kamu bisa memprioritaskan kejadian atau peristiwa yang punya dampak besar apabila tidak dilakukan, setelah itu berurut dengan kejadian yang memiliki dampak kecil.

Baca juga : Gak Punya Pengalaman Kerja? 9 Tips Ini Wajib Dibaca Para Fresh Graduate

4. “Mengapa kamu meninggalkan pekerjaan lamamu?”

Ini khusus bagi yang melamar kerja setelah resign, pertanyaan ini pasti bakal ditanyakan deh karena mereka juga mau antisipasi dengan pekerja yang bakal resign bukan? Mungkin ada banyak alasan kenapa kamu resign di pekerjaan sebelumnya. Tapi kamu harus berhati-hati saat menjawab pertanyaan ini.

Jangan menjawab dengan pernyataan yang terkesan menjelek-jelekan perusahaan kamu sebelumnya. Kalau kamu melakukan ini, HRD akan menganggap kamu dengan mudahnya menjelek-jelekan perusahaan ini apabila diterima lalu kemudian resign. Tentunya mereka gak mau dong kehilangan citra baik hanya karena pekerja resign yang terlalu ember.

Jawablah dengan kalimat yang profesional. Seperti menghubungan dengan jobdesc yang gak cocok dengan kamu.

5. “Apa yang bisa membuatmu bertahan di sebuah perusahaan?”

Dari pertanyaan ini, HRD pengen tahu seberapa besar motivasi dan apakah kamu tipe orang yang berorientasi pada tujuan. Kamu bisa menjawab dengan harapan-harapan di posisi yang kamu lamar dan jangan sekali-kali berbicara tentang kekuranganmu di perusahaan sebelumnya.

Baca juga : Sukses melamar pekerjaan di Perusahaan Multinasional, Ini yang Harus Disiapkan!

Itulah tips jawab pertanyaan jebakan HRD saat interview kerja. Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post 5 Tips Jawab Pertanyaan Jebakan dari HRD Saat Interview Kerja, Jangan Takut! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR