SEKILAS INFO
: - Senin, 25-01-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
5 Rekomendasi Laptop Bagi yang Suka Desain Grafis, Bikin Gak Ngelag!

Laptop desain grafisHallo Campuspedia Friends! Sejak pandemi, banyak mahasiswa yang memanfaatkan waktu untuk meningkatkan skill-nya, salah satu skill yang bisa kamu pelajari adalah skill desain grafis. Tentunya kamu membutuhkan laptop yang bagus agar hasil desainmu pun cukup bagus. Laptop yang punya spesifikasi rendah yang ada hanya akan menghambat pekerjaan kamu. Bukannya selesai, kamu malah harus banyak melatih kesabaran karena laptop ngelag.

Maka dari itu Minca mau kasih rekomendasi laptop buat kamu yang suka desain atau malah kamu mahasiswa jurusan desain grafis. Dijamin deh kamu puas sama laptop ini!

Sebelum kasih rekomendasi, ada baiknya kamu pelajari nih spesifikasi yang perlu kamu perhatikan dalam membeli laptop

1. Processor

Processor merupakan inti program yang ada di komputer atau laptop, bisa dibilang otak dari sebuah komputer atau laptop. Processor berfungsi untuk memproses dan menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh kamu saat menggunakan laptop.

Processor sendiri ada banyak macamnya, tapi yang paling sering kita dengar itu processor Intel, AMD, dan Apple. Masing-masing processor pun punya urutannya sendiri lho. Misalnya processor Intel yang punya urutan tipe mulai dari Celeron, Phentium Gold, intel Core 3, intel Core 5, intel Core 7, intel Core 9, dan masih banyak lagi. Kalau kamu mau memilih processor intel untuk desain atau editing, Minca saranin untuk membeli diatas iCore 3.

Baca juga : Simak 5 Tips Jitu Menghadapi Salah Jurusan!

2. Jenis penyimpanan harus SSD, jangan HDD

Ini yang paling penting dalam memilih laptop bahkan untuk kamu yang gak nyari buat desain. SSD atau HDD merupakan jenis penyimpanan di laptop atau komputer. Kalau kamu suka perhatikan di laptop ada Local C dan Data D, itu termasuk dalam penyimpanan tersebut.

Lalu kenapa harus SSD? Memang apa bedanya? Karena HDD itu berupa piringan, maka ketika kamu membawa laptop yang pakai HDD akan gampang rusak kalau kebanting. Beda dengan SSD yang gak cepet rusak. SSD juga membuat laptop lebih ringan perfomanya dibanding HDD, makanya cocok banget nih buat yang gak mau ngelag. SSD pun banyak vasiasinya, mulai dari 128GB, 512GB, dan 1TB.

3. RAM

Nah, akan lebih bagus kalau kamu pake ram diatas 8GB untuk sebuah laptop desain grafis. Semakin besarnya ram, kamu bisa melakukan multitasking dengan banyak aplikasi. Ini memudahkan kamu dalam bekerja bukan? Tapi kalau budgetmu gak mencukupi, kamu bisa beli yang 4 GB dulu, lalu kamu bisa meng-ugrade dengan membeli RAM terpisah.

4. Pilih layar IPS bukan TN

Biasanya orang lain akan langsung kasih cara mudah dengan memberi rekomendasi laptop gaming ketika meminta untuk laptop desain grafis. Memang sih, spesifikasi nanggung akhirnya milih laptop gaming. Tapi kalau kamu benar-benar butuh laptop desain grafis, laptop gaming bukan pilihan yang pas.

Ini karena biasanya laptop gaming menggunakan layar TN agar meringankan performa laptopnya. Sedangkan laptop desain grafis lebih bagus menggunakan layar IPS. Kalau kamu suka melihat layar laptop sebelah temanmu, ada beberapa laptop yang terlihat buram dan gelap. Itu namanya layar TN. Sedangkan layar IPS terlihat jernih. Makanya karena desain grafis sangat berkaitan dengan warna, direkomendasikan untuk memilih layar IPS.

Baca juga : 7 Rekomendasi Laptop Bagus Buat Kuliah, Harga Dibawah Rp5 Juta!

Nah, berikut rekomendasi laptop desain grafis dengan harga dibawah 10 juta

1. HP 14s-DQ1013TU

HP memang selalu memberi laptop berkualitas bagus dengan harga terjangkau. Dengan harga 6 jutaan saja, kamu bisa dapat spesifikasi processor intel Core 3, graphic card Intel UHD Graphics, RAM 4GB, SSD 256GB + 16GB dan juga ukuran Layar 14.0 inci yang memiliki resolusi hingga FullHD dan panel IPS. Laptop ini juga mendukung 4K lho. Kamu bisa mengedit desain dengan nyaman dan menonton film kualitas HD sepuasmu. Kamu juga bisa membawanya kemana saja karena bobot laptop ini cukup ringan, yaitu 1,46 kg.

2. Lenovo Ideapad S145-4LID

Dengan penyimpanan SSD 512GB dan RAM 4GB, kamu bisa membeli dengan harga 7 jutaan. Laptop ini cocok banget lho sama kamu yang suka edit-edit video dan foto karena mendukung fitur AI. Contohnya saat mengedit video di Adobe Premiere, kamu bisa menggunakan fitur Auto Reframe yang mampu mengenali objek bergerak dan memfokuskannya walaupun berpindah-pindah frame. Kalau kamu merasa RAM masih kurang, kamu juga bisa meng-upgade menjadi 8 GB.

3. Lenovo Ideapad S145-4JID

Nah, ini masih series yang sama degan tadi. Bedanya kalau ini sudah menggunakan prosesor Intel Core-i5 1035G4 yang dibekali dengan VGA Intel Iris Plus Graphics, tentunya punya performa lebih baik dari generasi sebelumnya. Dengan kapasitas RAM 8GB DDR4 dan memori SSD 512GB, kamu mengedit dengan tampilan Full HD, belum lagi harganya sekitar 8 jutaan.

4. Acer Aspire 5 A514-52G

Kelebihan laptop ini, kamu bisa pakai fitur Remove Background di Adobe Photohop secara otomatis lho. Cocok bangett nih yang mau mempercepat kinerja saat mebuat desain. Laptop ini juga punya RAM 8GB DDR4 dan SSD 512GB, serta didukung dengan processor intel Core 5 dan Graphic Card discrete NVIDIA GeForce MX250 2GB DDR5. Hargany cuman sekitar 9 jutaan.

5. ASUS VivoBook S14 S433FL-EB504T

Walaupun harganya cukup mahal, yaitu 10 jutaan. Laptop ini sebanding banget dengan spesifikasinya sehingga sangat worth it. Laptop ini memilki Intel Corei5-19219 dan Graphic Card NVIDIA GeForce MX250 2GB. Adapun RAM 8GB dan SSD 512 GB. Dengan kualifikasi tersebut, laptop ini sudah dipastikan cepat banget deh perfomanya saat kamu gunakan. Kamu juga bisa enjoy saat membawa kemana saja karena laptop ini memiliki ukuran layar 14.0 inci dan bobot 1,4 kg saja.

Baca juga : Produktif Gak Selalu Positif? Kenali Toxic Productivity Beserta Cara Mengatasinya!

Gimana? Sudah tertarik belum? Jangan lupa untuk follow akun InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu gak makin ketinggalan info seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan info menarik lainnya.

The post 5 Rekomendasi Laptop Bagi yang Suka Desain Grafis, Bikin Gak Ngelag! appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR