Info Kampus
Minggu, 19 Sep 2021
  • Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Famika Makassar, Menerima Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2021-2022

5 Rekomendasi Film Untukmu yang Jurusan Fisika

Diterbitkan : - Kategori : Akademik / Serba-Serbi

Jurusan fisika sudah pasti berhubungan dengan teori kuantum, relativitas, dan termodinamika. Jika masih berkutik dengan teori, pasti terdengar pusing, ya? Jangan khawatir! Berikut Minca beri rekomendasi film untuk kamu yang mengampu jurusan ini. Sambil menyelam minum air, kamu bisa belajar dengan asyik dan lebih mengenal penerapan teorinya di dunia nyata. Yuk, simak!

The Theory of Everything

Rekomendasi film yang pertama adalah film biografi asal Britania Raya, The Theory of Everything. Film ini menceritakan kisah seorang ilmuan yang sudah akrab di telinga kita, yaitu Stephen Hawking. Dalam kisahnya, Hawking belum menemukan judul untuk tesis yang dia kerjakan, namun begitu menghadiri seminar tentang lubang hitam, dia pun tertarik dan menjadikannya bahan tesis.

Hawking berhipotesis bahwa lubang hitam merupakan bagian dari penciptaan alam semesta. Dari sini, kamu akan diajak belajar perihal proses Hawking menemukan formula yang bisa menjelaskan segala sesuatu yang ada di dunia.

Penasaran apa formulanya? Langsung tonton aja, deh!

Baca juga: Suka Matematika? 7 Jurusan Kuliah Berikut Ini Bisa Dipertimbangakan

Marie Curie: The Courage of Knowledge

Film ini membahas tentang sosok perempuan hebat yang ahli di bidang radiologi. Selain fisika, Marie Curie juga mahir dalam bidang kimia. Sejarah mencatat bahwa Curie adalah perempuan pertama yang menerima Hadiah Nobel, serta orang pertama yang menerima dua Hadiah Nobel dari dua bidang yang berbeda. Keren, ya!

Dalam kisahnya, Curie bersaing ketat di dalam dunia sains yang mayoritas dikuasai oleh laki-laki. Namun dengan tekad yang kuat, Curie tetap bersikeras melakukan risetnya hingga menghembuskan nafas terakhir karena terlalu banyak terpapar zat radioaktif. 

Meskipun demikian, jasa Curie membekas hingga kini, dia menemukan salah satu unsur kimia yang sering kita temui dalam tabel periodik, yaitu radium.

Einstein and Eddington

Siapa, sih, yang tak kenal dengan Einstein?

Rekomendasi film satu ini pertama kali rilis di kanal BBC pada 2008. Menceritakan tentang teori relativitas, Einstein dihadapkan dengan seseorang yang membantunya untuk menyempurnakan teori yang dia miliki.

Di sini kamu akan menemukan fakta perihal teori relativitas yang tidak pernah kamu dengar di dunia pendidikan. Selain itu kamu juga akan bertemu dengan ilmuwan dari Inggris, Eddington, yang menjadi sekutu bagi Einstein. Penemuan mereka pun menjadi wawasan baru bagi dunia fisika modern.

Baca juga: Jurusan Matematika: Murni, Terapan, dan Pendidikan. Apa Bedanya?

Interstellar

Melewati lubang cacing di ruang angkasa, emang bisa?

Beda halnya dengan tiga film di atas yang didasari kisah nyata, Interstellar akan membawamu ke dunia fiksi ilmiah tentang astronot yang berpetualang di ruang angkasa. Meskipun cerita fiksi, penggambaran lubang hitam di film ini sudah scientifically approved, dengan kata lain sudah tepat sebagaimana bentuk aslinya.

Di film ini kamu akan menemukan teori relativitas milik Einstein, karena akan bersinggungan dengan lengkung ruang dan waktu, dilatasi waktu, dimensi lain, lubang hitam, dan gravitasi. Tonton aja deh, yuk!

Donnie Darko

Jika film di atas berkutik dengan ilmu yang sudah dibuktikan kegunaannya, film satu ini mengambil konsep time travel, yang mana belum bisa diterapkan di dunia nyata. Wah, jadi pr untuk kamu, nih!

Pada umumnya, time travel atau perjalanan waktu memungkinkan untuk terjadi berdasarkan teori relativitas, namun pada kondisi yang tak biasa. Di film ini kamu akan diajak memutar waktu bersama Donnie yang mengalami patah kaki akibat kecelakaan. 

Kamu juga akan menemukan penjelasan tentang tangent universe, yaitu sebuah dimensi di mana waktu tidak berfungsi dengan benar. Tangent universe merupakan bagian dari dunia paralel yang akan menuntunmu mempelajari teori fisika kuantum.

Bagaimana, Sobat Jurusan Fisika? Sudah menemukan rekomendasi film yang membuatmu tertarik? Setiap ilmu pengetahuan, termasuk fisika pasti bisa diterapkan dalam dunia nyata, namun perlu riset dan proses yang mendalam untuk menyempurnakannya. Terus belajar dan lahirkan ilmu baru, ya, Sobat Minca!

Baca juga: Yuk Kenalan dengan Jurusan Teknik Nuklir

Jangan lupa untuk follow akun Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, Youtube, dan Official Account LINE dari Campuspedia biar kamu up to date perihal informasi seputar kampus, karir, dunia mahasiswa, beasiswa, dan hal menarik lainnya!

The post 5 Rekomendasi Film Untukmu yang Jurusan Fisika appeared first on Campuspedia News.

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar