SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-11-2020
  • 10 bulan yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
5 Cara Mudah Membuat Resume Kuliah

Halo Sobat Campuspedia! Selama menempuh dunia perkuliahan, bahkan ketika telah selesai, resume selalu dibutuhkan. Lalu sebenarnya apa itu resume kuliah? Resume sering dikaitkan dengan Curriculum Vitae (CV). Tetapi sebenarnya resume berisi ringkasan pengalaman, keahlian, dan pendidikan yang sudah ditempuh oleh seseorang. Resume ini dapat bermanfaat untuk keperluan melamar pekerjaan, tugas, ataupun keperluan kuliah. Nah, untuk saat ini resume kuliah yang akan dibahas yaitu terkait resume untuk mendaftar ke kampus atau kegiatan selama masa perkuliahan. Bagaimana cara membuat resume kuliah?

Sebelum mengetahui cara buat resume kuliah yang baik, perlu Sobat ulik dulu mengenai tujuan dari resume kuliah itu sendiri. Yang pertama adalah untuk membedakan diri Sobat dengan kandidat yang lain. Lalu selanjutnya untuk mempromosikan diri Sobat kepada rekruiter. Hal ini dikarenakan resume kuliah akan lebih mudah dimengerti oleh rekruiter dibandingkan dengan esai Yang terakhir yatu resume kuliah yang baik bisa membuka kesempatan yang baru bagi Sobat, seperti magang atau mendapatkan beasiswa.

Setelah mengetahui tujuan membuat resume yang baik, berikut lima cara buat resume kuliah yang baik.

Visualisasi resume

Beberapa tips untuk membuat resume kuiah yang menarik dan nyaman untuk dibaca yaitu mengatur margins atau garis tepi menjadi 2.5 cm di seluruh sisi. Pastikan juga untuk mengatur space atau jarak antar baris agar tidka terlalu rapat dan nyaman untuk dibaca. Gunakna font formal, seperti Times New Roman, Arial, Calibri, dna sebagainya.

Baca Juga: Apa Itu Coronasomnia? Bagaimana Mengatasinya?

Perhatikan urutan informasi dalam resume

Awali dengan nama Sobat, lalu ikuti dengan alamat, email, nomor telepon, nama SMA, tnanggal lahir, serta tanggal penyerahan resume. Jangan lupa untuk pastikan jika informasi yang terulis merupakan informasi terbaru.

Tulisakan isi resume dengan ringkas

Idealnya, resume tidak leih dari 1 atau 2 halaman. Karena itulah tuliskan pencapaian dan aktivitas Sobat yang paling menonjol dan sekiranya linier dengan tujuan Sobat, lalu tuliskan dengan ringkas.

Unjuk diri

Alih-alih menuliskan ‘membuat proposal kegiatan OSIS’, Sobat bisa menuliskan ‘mengelola semua dokumen OSIS’ dalam resume Sobat.

Cantumkan juga nilai akademik

Mencantumkan nilai akademik yang memuaskan tentu bisa menjadi nilai tambah bagi resume Sobat. Sobat juga bisa mencantumkan beberapa kursus yang pernah Sobat ikuti.

Baca Juga: Motivasi Sukses Dari Tokoh Inspiratif

Soroti kemampuan khusus

Untuk membuat resume kuliah yang menarik, Sobat bisa mencantumkan kemampuan khusus yang Sobat miliki. Contohnya seperti ‘Fasih berbahasa Mandarin. Melalui kegiatan relawan PMR, saya membuat website pribadi yang berisikan cerita inspirasi dari pengalaman saya sebagi relawan dan edukasi tentang P3K’.

Selain itu, Sobat juga perlu menekankan pada sisi kepemimpinan dalam diri Sobat. Sobat bisa cantumkan pengalaman Sobat ketika menjadi ketua ekstrakurikuler, OSIS, maupun kepanitiaan selama di SMA. Selain itu, Sobat juga bisa tunjukkan sisi kepedulian Sobat. Cotohnya melalui kegiatan sosial yang pernah Sobat ikuti.

Itu dia beberpa cara buat resume kuliah yang baik dan menarik. Share artikel ini jika bermanfaat, yuk! Biar kamu selalu update info seputar dunia pendidikandunia mahasiswa, dunia kampuspengembangan diri,  persiapan karir, maupun informasi seputar beasiswa dan lomba yang bisa menunjang karirmu di masa depan, pastikan ikuti Campuspedia di InstagramLinkedInFacebookTwitterYoutube, dan Official Account LINE.

 

Sumber: WikiHow (https://id.wikihow.com/Menulis-Resume-Kuliah?amp=1)

The post 5 Cara Mudah Membuat Resume Kuliah appeared first on Campuspedia Kabar.

TINGGALKAN KOMENTAR