SEKILAS INFO
: - Selasa, 02-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / Pelaksanaan Yudisium di laksanakan pada tanggal 4 Februari 2020
12 Rekomendasi Jurusan untuk Kamu yang Menyukai Geografi 

12 Rekomendasi Jurusan untuk Kamu yang Menyukai Geografi – Sedang persiapan masuk perguruan tinggi negeri? Pendaftaran akun LTMPT sudah dibuka loh, jangan sampai ketinggalan ya! Selain itu, hal penting lainnya adalah penentuan jurusan dan universitas. 

Kuliah dalam jangka waktu empat tahun cukup lama kamu jalani. Karenanya, jangan sampai salah memilih jurusan dan universitas. Cukup banyak rekomendasi jurusan kuliah yang bisa kamu pilih berdasarkan aspek tertentu, misalnya passion, seperti menyukai gambar, menyukai musik, atau menyukai pelajaran tertentu.

Nah kali ini Minca mau kasih rekomendasi jurusan untuk kamu yang menyukai geografi. Yuk disimak informasinya. 

1. Teknik Geologi 

Teknik geologi adalah cabang ilmu yang mempelajari tentang bumi, struktur, sifat fisik, sejarah, dan proses terbentuknya. Mahasiswa jurusan teknik geologi akan belajar agar bisa memberi solusi atas permasalahan kebumian. 

Nah prospek kerja jurusan teknik geologi di antaranya bisa bekerja di perusahaan tambang, pertamina, perusahaan perminyakan, instansi pemerintah seperti kementerian lingkungan hidup, LIPI, dan masih banyak lagi. 

2. Teknik Geodesi 

Teknik geodesi adalah program studi yang mempelajari tentang bentuk dan ukuran bumi, darat dan laut. Mahasiswa jurusan ini akan banyak berhubungan dengan gambar rupa bumi dan pemetaan. 

Sebenarnya, jurusan ini adalah turunan matematika terapa yang mempelajari tentang pendeskripsian titik dan posisi Bumi. Namun, jurusan ini kemudian berkembang menjadi teknik geomatika datau geoinformatika. 

Tidak perlu khawatir, lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan di dunia industri, seperti kontruksi, properti, tambang, infrastruktur, dan sebagainya. 

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Kamu yang Malas Menghafal

3. Teknik Geomatika 

Teknik geomatika adalah program studi yang memadukan teknik geodesi dengan informatika. Jurusan ini mempelajari bagaimana pengintegrasian, analisis, pemodelan, hingga manajemen data spasial berdasarkan ilmu geodesi. 

Hal ini dilakukan dengan menginterpretasikan data tersebut ke dalam sistem informasi yakni melalui metode ilmu informatika. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini diharapkan memiliki kompetensi di bidang survei dan pemetaan yang berguna untuk menunjang teknologi kebumian dan teknologi informasi.  

Prospek kerja lulusan ini bisa menjadi instruktur pembangunan bidang kelautan, energi, dan pemukiman. Tentunya masih banyak peluang kerja lain yang sangat potensial dilakukan oleh lulusan ini. 

4. SAPPK 

SAPPK atau Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pembangunan Kebijakan (SAPPK) adalah salah satu sekolah unggulan di ITB. Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) ITB bertujuan membentuk akademisi yang andal di bidang arsitektur dan perencanaan kebijakan.  

Sebagai lulusan SAPPK, nantinya kamu bisa bekerja di banyak sektor, seperti pemetaan ruang, arsitektur, kewilayahan, sampai dengan menjadi peneliti atau tenaga pendidik juga bisa lho! 

Baca juga: Inilah Jurusan Kuliah Berdasarkan Tipe Kecerdasan Manusia

5. PWK/ Perencanaan Wilayah 

PWK atau Perencanaan Wilayah dan Kota sering juga disebut sebagai Teknik Planologi. Di sejumlah universitas, program studi ini juga hanya dinamakan perencanaan wilayah saja. Adapun ketika masuk jurusan ini kamu akan belajar tentang perencanaan, perpetaan, struktur tanah, transportasi, dan desain wilayah/kota. 

Berbeda dengan arsitektur yang mengutamakan estetik, jurusan ini lebih berfokus pada pertimbangan aspek sosial, politik, dan ekonomi dalam merencanakan pembangunan kota. Nah prospek kerja jurusan ini  pun cukup beragam, di antaranya di bidang kontruksi dan bangunan, pemetaan, arsitektur, sektor lain seperti bisnis, keuangan, dan sebagainya. 

6. Meteorologi 

Meteorologi adalah ilmu yang mempelajari tentang Bumi, gejala dan komponen yang terkandung di dalamnya. Mahasiswa jurusan ini belajar mengenai perubahan iklim dan segala hal yang membawa pengaruh signifikan terhadap Bumi dan kelangsungan hidup manusia. 

Melalui program stidu ini, kamu bisa bekerja di BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika), BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), dan lembaga sains lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menjadi pengajar di bidang meteorologi ataupun klimatologi. 

7. Kartografi dan Penginderaan Jauh 

Rekomendasi jurusan kuliah untuk kamu yang menyukai geografi selanjutnya ada jurusan kartografi dan penginderaan jauh. Kartografi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang pemetaan. Sementara itu, penginderaan jauh adalah cara mendapatkan informasi tentang objek dan fenomena Bumi dengan memanfaatkan citra sehingga tidak melakukan kontak langsung. 

Jadi, pada program studi ini, kamu akan belajar tentang mencari dan mendapatkan informasi geografi kemudian menyajikannya dalam bentuk peta, gambar, tabel, dan sebagainya. Lulusan jurusan ini berpeluang kerja di berbagai instansi perusahaan yang bergerak di bidang survei, industri, dan konsultasi. 

Selain itu, kamu juga bisa bekerja di badan pemerintah, seperti kementerian ESDM (Enegeri dan Sumber Daya Mineral), Badan Informasi Geospasial, BPS (Badan Pusat Statistik), dan sebagainya. 

8. Geografi Lingkungan 

Geografi lingkungan adalah program studi yang mempelajari tentang ilmu geografi dan ilmu lingkungan. Dalam prodi ini nantinya kamu akan banyak terjun langsung, baik mempelajari isu geografi maupun isu lingkungan yang berpengaruh terhadap kondisi geografis. 

Nah untuk prospek kerja lulusan, sarjana geografi lingkungan dapat bekerja di instansi pemerintah, seperti BPN (Badan Pertanahan Nasional), kementerian pendidikan nasional, dan sebagainya. Selain itu, kesempatan bekerja di swasta, seperti perusahaan surveyor, konsultan, dan pemetaan juga terbuka lebar. 

9. Geografi Murni 

Geografi murni atau yang lebih dikenal sebagai program studi geografi mempelajari tentang tata ruang dan penggunaan serta penempatan tanah di muka Bumi. Dalam jurusan ini terdapat fokus studi pada geografi fisik. Nantinya kamu akan belajar tentang iklim, tanah, dan air. 

Lulusan jurusan ini diharapkan terampil dalam penerapan dan pengembangan wilayah, penguasaan teknologi SIG (Sistem Informasi geografi), dan dapat memberikan solusi pada penelitian. 

Setelah lulus, kamu biasanya terlibat dalam penelitian lapangan, riset, dan menulis laporan. Selain itu, lulusan ini juga berkesempatan menjadi konsultan lingkungan dan industri. 

10. Pariwisata 

Rekomendasi jurusan untuk kamu yang menyukai geografi berikutnya adalah prodi pariwisata. Hayo siapa yang suka jalan-jalan? Sepertinya kamu cocok masuk jurusan ini. Sebab, jurusan pariwisata mempejalari segala sesuatu tentang pariwisata, seperti tour and travel, destinasi, dana perhotelan. 

Jadi di jurusan ini kamu akan banyak berhubungan dengan tempat wisata dan studinya. Selain itu, mahasiswa jurusan ini juga dituntut belajar kebudayaan karena destinasi wisata erat kaitannya dengan kebudayaan. 

Sektor pariwisata yang bergairah membuka peluang bagi lulusan jurusan ini untuk bekerja di industri kepariwisataan, misalnya sebagai pemandu wisata, pengusaha akomodasi pariwisata, hotel, manajer pusat rekreasi, event organizer, dan sebagainya. 

11. Pendidikan Geografi 

Dari sekian rekomendasi jurusan untuk kamu yang menyukai geografi, masih belum menemukan jurusan yang sesuai? Coba telisik dahulu mungkin kamu cocok masuk jurusan yang satu ini. Kalau kamu menyukai dunia pendidikan dan ingin menjadi pengajar, prodi pendidikan geografi menjadi pilihan yang tepat. 

Prodi ini mempelajari tentang ilmu bumi beserta kehidupan yang ada di dalamnya. Selama perkuliahan kamu akan banyak belajar tentang materi pendidikan yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan menurut tingkatannya. 

Nah untuk prospek kerjanya sendiri cukup beragam, tidak hanya menjadi guru atau dosen saja ya 

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Soshum dengan Prospek Cerah di Masa Depan

12. Kehutanan 

Pembahasan terakhir ada rekomendasi program studi kehutanan. Program studi ini mempelajari tentang segala sesuatu mengenai hutan, seperti ekologi, fisiologi, ilmu tanah, sampai dengan manajemen sumber daya hutan. 

Selain itu, dalam jurusan ini nantinya kamu juga akan belajar tentang cara pelestarian hutan. Alhasil banyak sekali lowongan kerja yang berpeluang menjadi pekerjaan masa depanmu. Misalnya seperti di kementerian kehutanan, kementerian pertanian, kementerian pendidikan, PNS, peneliti, guru, dosen, dan masih banyak lagi.  

Nah dari 12 rekomendasi jurusan untuk kamu yang menyukai geografi, kamu tertarik yang mana? Jangan lupa untuk mencari info lengkap prodi yang kamu minati dengan mengunjungi website resmi kampus yang kamu tuju ya.  

Kunjungi campuspedia melalui instagramfacebooktwitterlineYouTube, dan LinkedIn. Jangan sampai ketinggalan info menarik lainnya! 

 

The post 12 Rekomendasi Jurusan untuk Kamu yang Menyukai Geografi  appeared first on Campuspedia News.

TINGGALKAN KOMENTAR